Ilmuwan Temukan Dua Planet Misterius di Belakang Pluto

Bookmark and Share

Ilmuwan Temukan Dua Planet Misterius di Belakang Pluto - Tata Surya mempunyai sekurang-kurangnya dua planet lagi menanti untuk diketemukan diluar orbit Pluto. Kepercayaan itu di sampaikan astronom Spanyol serta Inggris.

Daftar resmi planet di system bintang yaitu delapan, dengan Neptunus juga sebagai planet terluar.

Diluar Neptunus, Pluto di turunkan ke status 'planet kerdil' oleh Persatuan Astronomi Internasional pada tahun 2006. Walau beberapa pihak masih tetap memperjuangkan status Pluto juga sebagai planet paling jauh dari Matahari

 Dalam suatu riset yang diterbitkan dalam edisi teranyar jurnal Royal Astronomical Society di Inggris, beberapa peneliti mengusulkan sekurang-kurangnya ada dua planet berada diluar Pluto.

Perhitungan itu didasarkan pada tingkah laku orbit yg tidak umum dari batuan ruangan angkasa yang sangatlah jauh yang dimaksud extreme trans-Neptunian objects atau ETNOs.

Secara teori, ETNOs harus tersebar di pita selebar 150 Unit Astronomi (AU) dari Matahari.

Satu AU, sistem pengukuran jarak Tata Surya, yaitu rentang pada Bumi serta Matahari yang meraih hampir 150 juta kilometer.

" Jumlahnya tak dapat di pastikan, mengingat data yang kita punyai terbatas. Namun perhitungan kami tunjukkan bahwa sekurang-kurangnya ada dua planet serta mungkin saja lebih, dalam batas-batas Tata Surya kita, " kata Carlos de la Fuente Marcos dari Complutense University of Madrid yang diambil kantor berita ilmiah Spanyol, Sinc.

" Bila di konfirmasi, hasil kami mungkin saja betul-betul revolusioner untuk astronomi, " tuturnya seperti diambil Dream dari laman english. alarabiya. net, Rabu, 21 Januari 2015.
Selama ini, tak ada bukti segera yang dapat mensupport teori tersebut .

Tim yang di pimpin Marcos, yang meliputi astrofisikawan di University Cambridge, membuat jenis didasarkan pada pergantian orbit suatu komet pada awal mulanya yang dimaksud 96P/Machholz 1 saat mendekati Jupiter, planet paling besar di Tata Surya.

Berdasar pada jenis ini, gerakan ETNOs berkelanjutan dengan satu planet di nyaris 200 AU serta satu lagi di seputar 250 AU, kata mereka.

Tahun lantas, teleskop mutakhir ALMA, yang terdapat di gurun kering Atacama di Chile, temukan bahwa planet-planet di system bintang lain bisa membuat beberapa ratus AU dari matahari mereka. Neptunus mengorbit pada jarak rata-rata seputar 30 AU, serta Pluto, yang mempunyai orbit yang sangatlah eksentrik, melingkari Matahari pada rata-rata seputar 40 AU.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar