Wow, Ini Dia Tomat Terbesar di Dunia

Bookmark and Share
Tomat terbesar

Ditemukan Tomat Terbesar di Dunia - Tomat paling besar didunia muncul di Inggris. Tomat yang dinamakan Gigantomo ini bisa tumbuh sampai berbobot 1, 3 kg dengan diameter 48 cm, atau 12 kali semakin besar dari ukuran tomat standar, hingga tomat ini diklaim juga sebagai tomat paling besar didunia.

Karena sangat besarnya, tomat Gigantomo bisa di sajikan untuk jumlah makan empat orang. Satu irisan saja bisa mengisi penuh satu hamburger atau sandwich.

Seperti diambil Mirror. co. uk, Rabu (28/1/2015), sebanyak 11 buah Gigantomo bisa tumbuh dari satu tanaman. Tetapi tanaman ini butuh di beri sejenis penahan, agar tak terseret oleh bobot buahnya.

Varietas baru ini yaitu hasil dari nyaris dua dekade penelitian serta pengembangan oleh peternak di Inggris dan Amerika Serikat.

Simon Crawford, petani tomat Gigantomo di Lincolnshire, Inggris, menjelaskan bila tomat Gigantomo di jual berbentuk bibit dalam polybag yang bakal tumbuh kurun waktu singkat. Sepaket bibit Gigantomo berisi lima buah bibit di jual seharga 14. 99 Poundsterling atau sekitar Rp 280 ribu.

Simon juga menjanjikan hadiah sebesar 5 ribu Poundsterling atau setara Rp 95, 5 juta untuk beberapa pembeli yang dapat menumbuhkan tomat Gigantomo serta mengalahkan rekornya.

“Meski tomat type ini belum terlalu popular di Eropa, namun saya meyakini yang berminat bakal banyak. Kebanyakan orang bakal suka menumbuhkan tomat raksasa yang mempunyai rasa yang enak di kebunnya, ” kata Simon.

Simon Crawford adalah salah satu plant breeder terkenal di Inggris, dan dirinya sudah selama 5 tahun meneruskan kerja Paul Thomas asal Amerika dalam membesarkan Gigantomo. Paul meninggal sesudah menghabiskan waktu 15 tahun mengembangbiakkan tomat besar ini.

Tahun lalu, tomat besar ini di luncurkan di Amerika Serikat oleh perusahaan bibit Burpee serta di jual atas nama SteakHouse. Eropa juga tertarik menjualnya sesudah melihat keberhasilan tomat ini. Tetapi nama SteakHouse tidak bisa di terima oleh Uni Eropa, sehingga namanya dirubah jadi Gigantomo.

Sekarang ini Gigantomo cuma dapat dibeli dari Van Meuwen, penjual bibit di Lincolnshire, Inggris.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar