Gunung Prau, Indahnya Pemandangan Alam Dari Puncak

Bookmark and Share


Gunung Praumerupakan salah satu tempat tujuan wisata yang menawarkan keindahan wisata alam khususnya wisata pegunungan. Lokasi tempat wisata ini berada di empat wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kendal. Gunung Praumemiliki bentuk yang memanjang sehingga jalur pendakian gunung ini dapat di tempuh melalui beberapa jalur.

Jika anda ingin melewati jalur utara maka anda memerlukan waktu sekitar 6 jam. Jalur utara meliputi Desa Balong, Desa Kenjuran, Desa Genting Gunung yang masing-masing desa tersebut terletak di Kecamatan Soekaraja. Apabila anda ingin melewati jalur selatan maka anda hanya menghabiskan waktu sekitar 2 atau 3 jam. Jalur selatan meliputi Desa Patak Banteng atau Dataran Tinggi Dieng.

Gunung ini diberi nama Gunung Prau karena bentuknya yang mirip seperti perahu yang terbalik serta memiliki bentuk yang memanjang. Selain itu, tempat wisata di Jawa tengah ini juga sering disebut dengan Gunung Teletubies karena bentuk gunung tersebut mirip seperti gunung yang ada di acara Teletubies.

Menurut penduduk di sekitar Gunung Prau, gunung ini terbentuk akibat letusan dari Gunung Purba Dieng. Letusan tersebut menyebabkan  sedimentasi dan pada akhirnya menutup bagian pusat erupsi. Hal indah yang bisa disaksikan di lokasi wisata ini adalah pemandangan matahari terbitnya. Karena keindahanya yang luar biasa, tidak jarang para wisatawan memberi julukan momen tersebut dengan istilah golden sunrise.

Tempat wisata di Jawa tengah ini juga memiliki flora dan fauna yang beragam di sekitar pegununganya. Jenis flora yang ada di tempat ini adalah bunga daisy, bunga eidhelweis, bunga ester, bunga kantong semar dan berbagai jenis spesies anggrek yang menempel pada pepohonan.

Sedangkan fauna yang ada di tempat ini adalah hewan-hewan yang langka seperti Owa Jawa, macan kumbang, rusa, sigung jawa serta burung elang jawa. Keberadaan hewan-hewan ini semakin hari semakin langka karena ulah para manusia yang memburu hewan-hewan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Gunung Prau yang merupakan salah satu tempat wisata di Jawa tengah yang cukup menarik untuk anda kunjungi. Untuk mencegah terjadinya bahaya, sebaiknya anda juga menyewa tour guide saat berwisata disini. Semoga artikel mengenai wisata Gunung Prau ini memberikan wawasan dan manfaat bagi anda semua.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar