Beragam Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Penderita Anemia

Bookmark and Share
 

Penyakit kurang darah atau yang dikenal dengan istilah medis Anemia adalah sebuah gangguan kesehatan berupa jumlah sel darah merah (hemoglobin) yang berada di bawahgaris normal padahal seperti yang kita tahu, sel darah merah berperan sangat penting bagi tubuh manusia, sebab sel darah merahlah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengalirkannya keseluruh organ tubuh, Nah, bila jumlah sel darah merah kurang dari jumlah yang dibutuhkan tubuh, maka dapat dipastikan jaringan tubuh dari orang yang menderita anemia akan kekurangan oksigen untuk menghasilkan energi.

Dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bila seseorang menderita anemia, maka gejala anemia yang umumnya akan muncul adalah sering merasa cepat lelah, wajah terlihat pucat khususnya pada bagian kelopak mata, menurunnya kekebalan tubuh terhadap penyakit, hingga terkadang juga mengalami sesak nafas.

Pada dasarnya, penyebab anemia yang paling utama adalah kekurangan zat besi, namun adakalanya ada juga penyebab-penyebab lainnya seperti kekurangan vitamin B12, adanya gangguan pada sumsum tulang, kekurangan asam folat, terjadi pendarahan usus atau pun terjadi pendarahan genetik.
Salah satu penyebab seseorang menderita anemia adalah karena kekurangan zat besi, perlu anda ketahui, bahwa zat besi sangat diperlukan oleh tubuh manusia, sebab tanpa adanya zat besi yang memadai maka sumsum tulangt idak dapat memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, penderita anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi (Iron Deficiency Anemia) harus rajin mengkonsumsi beragam jenis makanan yang kaya akan zat besi. 

Ada cukup banyak jenis makanan yang mengandung zat besi yang baik dikonsumsi penderita anemia, diantaranya adalah:

•    Bayam


Daun bayam adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan zat besi, sehingga tidak mengherankan bila sayuran ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia untuk mengurangi gejala anemia yang mengganggu. Selain mengandung zat besi yang tinggi, bayam juga mengandung vitamin yang diperlukan tubuh, contohnya vitamin A.

•    Kangkung


Selain bayam, sayuran hijau lainnya yang kaya akan zat besi adalah kangkung. Bukan hanya zat besi, namun kangkung juga mengandung beragam nutrisi lainnya yang juga sangat diperlukan tubuh, seperti beragam vitamin (A, B, dan C) serta kalium dan juga kalsium

•    Kacang-kacangan


Jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai dan juga kacang tanah juga mengandung cukup banyak zat besi. Contohnya dalam 100 g kacang hijau mengandung 7.5 mg zat besi sedangkan pada 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi.

•    Telur


Selain kaya akan protein, telur juga kaya akan mineral termasuk zat besi dan tidak ketinggalan dalam sebutir telur juga terdapat vitamin B yang juga sangat diperlukan oleh tubuh

•    Daging Sapi


Hampir sama seperti telur, daging sapi juga kaya akan protein dan juga lemak, namun bukan hanya itu saja, ternyata dalam 100 gram daging sapi juga terkandung 2.8 mg zat besi yang sangat diperlukan sumsun tulang untuk memproduksi hemoglobin

•    Ikan


Ikan dikenal sebaga isalah satu jenis makanan sehat, maka tidak mengherankan bila jenis makanan yang kaya akan omega 3 ini juga mengandung zat besi yang cukup tinggi, contoh nya dalam 100 gram ikan baronang mengandung 3.8 mg zat besi.

•    Kismis




Untuk camilan sehat, maka penderita anemia dapat mengkonsumsi kismis yang juga termasuk sebagai makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi.

Itulah beberapa contoh jenis makanan yang hendaknya dikonsumsi oleh para penderita anemia secara rutin, selain sebagai penambah darah, jenis-jenis makanan tersebut juga mampu membuat tubuh penderita anemia lebih berenergi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar