Inilah Sunnah Rasul Yang Terbukti Dapat Menyehatkan Tubuh

Bookmark and Share

                                    

Sunnah Rasul yang menyehatkan – Islam merupakan agama yang mengatur setiap tindakan manusia sehingga orang tahu bagaimana cara menjalani hidup yang baik. Tidak hanya hal-hal besar yang diatur, namun Islam juga mengatur hal-hal kecil yang jarang dipedulikan manusia. Semuanya dijelaskan secara rinci dalam Al-Quran dan Hadist. Di dalam suatu hadist, banyak sekali sabda Rasulullah yang menjelaskan bagaimana cara menjalani hidup yang baik.

Semua yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad sekitar 1.400 tahun yang lalu ternyata terbukti di masa kini. Sungguh besar kuasa Allah SWT atas segala sesuatu. Tidak hanya itu, sunnah Rasul yang dikerjakan dengan benar ternyata dapat memberikan dampak kesehatan bagi pelakunya. Bila anda penasaran, berikut merupakan Sunnah Rasul yang terbukti dapat menyehatkan tubuh.


1.    Tidur diatas sisi tubuh sebelah kanan


Sunnah rasul -Tidur diatas sisi tubuh sebelah kanan


Nabi Muhammad SAW bersabda “Apabila kamu hendak tidur berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di sisi tubuhmu yang sebelah kanan.”
Tidur dengan posisi seperti ini ternyata terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Manfaat yang bisa didapatkan dari cara tidur seperti ini adalah:


a.    Mengoptimalkan dan mengistirahatkan otak bagian kiri

 
Kerja otak dibagi menjadi dua bagian. Otak bagian kiri bertugas untuk menggerakan bagian tubuh sebelah kanan, sedangkan otak bagian kanan bertugas menggerakan tubuh bagian kiri. Manusia cenderung menggunakan bagian tubuh sebelah kananya sehingga jika kita tidur dalam posisi seperti ini maka otak kiri kita akan beristirahat dengan baik. Selain itu posisi tidur seperti ini juga dapat mencegah melambatnya sirkulasi saat seseorang dalam kondisi diam. Jika sirkulasi melambat, maka seseorang dapat mengalami penyempitan pembuluh darah.


b.    Meringankan beban jantung

 
Jika tidur seperti ini, aliran darah yang masuk dan keluar jantung menjadi lebih rendah. Hal ini disebabkan karena aliran darah terkonsentrasi dan terdistribusi merata di sebelah kanan. Dampaknya denyut jantung seseorang akan melambat sehingga tekanan darah menurun. Cara seperti ini akan menghasilkan tidur yang berkualitas.


c.    Meningkatkan penyerapan gizi

 
Posisi tidur seperti ini akan menyebabkan usus halus dan usus besar berada di bawah. Hal ini menyebabkan perjalanan makanan yang dicerna menjadi lambat. Dampaknya zat gizi yang ada di dalam makanan dapat terserap secara optimal.


2.    Larangan meniup makanan panas





Larangan meniup makanan panas

Sunnah Rasul yang menyehatkan selanjutnya adalah beliau melarang kita untuk meniup makanan atau minuman. Dari Ibnu Abbas “Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang kita untuk bernafas atau meniup wadah air minum”


Meniup makanan dan minuman ternyata dapat mengubah struktur molekul air menjadi menjadi zat asam yang dapat membahayakan kesehatan kita.


3.    Larangan makan dan minum sambil berdiri



Larangan makan dan minum sambil berdiri

Dari Qatadah dan Anas: Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qatadah lalu bertanya : “Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “itu lebih buruk lagi.”
Darii Hurairah, Nabi Muhammad bersabda “Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaklah ia muntahkan!”


Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani mengungkapkan bahwa makan dan minum sambil berdiri akan menyebabkan cairan yang dicerna akan jatuh dengan keras ke dasar usus. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus maka usus akan menjadi melar. Hal ini kemudian akan menyebabkan sistem pencernaan mengalami disfungsi.


4.    Berbuka puasa dengan kurma


Berbuka puasa dengan kurma

Sunnah Rasul yang menyehatkan berikutnya adalah anjuran untuk mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa. Rasulullah SAW bersabda “Apabila salah seorang diantara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena dia adalah berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air karena dia bersih”


Saat dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan apa yang ada di dalam kurma, penelitian tersebut akhirnya menyimpulkan bahwa di dalam buah kurma terdapat 20 – 25% air, 70 – 75% zat gula, 2 – 3% protein, 8,5% serat, seta kadar lemak rendah yang baik untuk kesehatan kita. Zat gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh orang yang seharian tidak mengkonsumsi makanan, sehingga kondisi mereka bisa pulih seperti sedia kala.


Itulah beberapa sunnah Rasul yang terbukti dapat menyehatkan tubuh. Nabi Muhammad SAW bersabda “Barangsiapa menghidupkan sunnahku maka ia telah mencintaiku, dan barangsiapa mencintaiku maka ia akan bersamaku di surga.” Semoga artikel mengenai sunnah Rasul yang menyehatkan ini dapat bermanfaat untuk anda semua.







Baca Juga : Masjid Nur Sulaiman, Wisata Religi Yang Menenangkan Hati

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar