7 Negara Yang Pernah Diserang Indonesia

Bookmark and Share
7 Negara Yang Pernah Diserang Indonesia

7 Negara Yang Pernah Diserang Indonesia - Walaupun pernah dijajah, nyatanya Indonesia sempat juga menyerang negara lain, negara apa sajakah yang pernah terserang Indonesia?

Berikut 7 negara yang pernah terserang Indonesia :


1. Timor Leste 


Operasi Seroja yaitu sandi untuk invasi Indonesia ke Timor Timur yang diawali pada tanggal 7 Desember 1975. Pihak Indonesia menyerbu Timor Timur lantaran ada tekanan Amerika Serikat serta Australia yang inginkan supaya Fretilin yang berpaham komunisme tak berkuasa di Timor Timur. Diluar itu, serbuan Indonesia ke Timor Timur juga lantaran ada kehendak dari beberapa rakyat Timor Timur yang mau menyatu dengan Indonesia atas argumen etnik serta histori.

2. Papua Barat 


Operasi Trikora, juga dimaksud Pembebasan Irian Barat, yaitu perseteruan 2 th. yang dilancarkan Indonesia untuk memadukan lokasi Papua sisi barat. Pada tanggal 19 Desember 1961, Soekarno (Presiden Indonesia) menginformasikan proses Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Soekarno juga membuat Komando Mandala. Mayor Jenderal Soeharto diangkat juga sebagai panglima. Pekerjaan komando ini yaitu berencana, menyiapkan, serta mengadakan operasi militer untuk memadukan Papua sisi barat dengan Indonesia.

3. Malaysia 


Pada 20 Januari 1963, Menteri Luar Negeri Indonesia Soebandrio menginformasikan bahwa Indonesia mengambil sikap bermusuhan pada Malaysia. Pada 12 April, sukarelawan Indonesia (kelihatannya pasukan militer tak resmi) mulai masuk Sarawak serta Sabah untuk menebar propaganda serta melakukan penyerangan serta sabotase. Tanggal 3 Mei 1963 di suatu rapat raksasa yang di gelar di Jakarta, Presiden Sukarno menginformasikan perintah Dwi Komando Rakyat (Dwikora) yang berisi : Pertinggi ketahanan revolusi Indonesia, Bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak serta Sabah, untuk menghancurkan Malaysia.

4. Malaka 


Mulai sejak th. 1509, Pati Unus, raja Demak, telah membuat gagasan untuk kuasai Malaka. Waktu itu Malaka ada dibawah kekuasaan Kesultanan Malaka. Dengan kata lain, butuh dicatat bahwa serangan Demak ke Malaka terang tidaklah suatu serangan anti-kekuasaan asing, namun suatu invasi imperialis. Th. 1511, Alfonso D’Alburquerque, Laksamana armada Portugis, mendahului Pati Unus dengan mengalahkan Malaka. Sultan Malaka Mahmud Syah melarikan diri ke Bintan.

5. Singapura 


Usman lahir di Purbalingga, Banyumas, Jawa Tengah (1943). Harun lahir di P Bawean, Surabaya (1947). Kedua-duanya nama samaran untuk pekerjaan juga sebagai sukarelawan menyusup ke Singapura, lakukan pekerjaan sabotase dalam rencana Dwikora (Dwi Komando Rakyat). Pada saat itu RI ikut serta konfrontasi dengan Malaysia serta Singapura. Usman serta Harun tergabung dalam tim sabotir. Pada 8 Maret 1965 malam, berbekal 12, 5 kg bahan peledak mereka bertolak dengan perahu karet dari P Sambu. Mereka bisa memastikan sendiri tujuan yang dikehendaki.

Jadi sesudah lakukan rangkaian pengintaian, disuatu tengah malam berlangsung ledakan di suatu bangunan Mc Donald di Orchard Road. Tiga orang tewas serta beberapa yang lain luka.

6. Indochina (Kamboja serta Vietnam) serta 7. Siam (Thailand)


Dari catatan histori serta bukti arkeologi, pada era ke-9 Sriwijaya sudah lakukan invasi serta kolonisasi di nyaris semua kerajaan-kerajaan Asia Tenggara, diantaranya : Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya, Thailand, Kamboja, Vietnam, serta Filipina. Dominasi atas Selat Malaka serta Selat Sunda, jadikan Sriwijaya juga sebagai ingindali rute perdagangan rempah serta perdagangan lokal yang kenakan cost atas tiap-tiap kapal yang melalui. Sriwijaya mengakumulasi kekayaannya juga sebagai pelabuhan serta gudang perdagangan yang melayani pasar Tiongkok, serta India.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar