6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood

Bookmark and Share
6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood

6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood - Mempunyai suasana hati yang baik bermakna terlepas dari depresi. Terbebas dari depresi berarti jauh dari penyakit. Oleh karenanya mempunyai mood yang baik sehari-harinya sangatlah berperan besar dalam melindungi kesehatan badan Anda.

Untuk memperoleh suasana hati yang baik meski hari sedang buruk itu bukan hal yang terlalu sulit. Karena anda dapat mengawalinya dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu yang diakui dapat meningkatkan mood Anda.


Berikut 7 makanan untuk meningkatkan mood Anda :

1. Teh
Minum teh hijau atau hitam berkafein dapat meningkatkan kewaspadaan lebih dalam pikiran, menurut sebuah studi dalam The Journal of Nutrition. Para peneliti berpikir bahwa asam amino dalam beberapa varietas teh dapat bekerja secara sinergis dengan kafein untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

Setidaknya disarankan minum lima sampai enam cangkir teh setiap hari untuk mendapatkan meningkatkan mood Anda.

2. Coklat
Coklat memang sudah tak diragukan lagi bisa membuat Anda merasa lebih baik ketika mulai melelehkannya di dalam mulut.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Pusat Penelitian Nestle di Swiss, menunjukkan makan coklat hitam 1,4 ons setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi hormon stres, termasuk kortisol.

3. Makanan Karbohidra
Karbohidrat dipercaya tidak membuat seseorang gemuk dan malah itu sangat baik untuk meningkatkan mood. Dalam sebuah penelitian Archives of Interneal Medicine, orang-orang yang kekurangan karbohidrat memiliki risiko tinggi terkena depresi, kecemasan dan marah.

Para peneliti menduga bahwa zat karbohidrat dapat meningkatkan produksi serotonin, zat kimia otak yang membuat perasaan jadi lebih baik.

4. Buah dan Sayuran
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran dan asam lemak omega-3 pada ikan berhubungan erat dengan penurunan risiko depresi. Folat, vitamin B yang ditemukan dalam kacang-kacangan, jeruk dan sayuran hijau gelap seperti bayam, dapat mempengaruhi neurotransmitter yang berdampak pada suasana hati.

5. Ikan
Omega-3 adalah kunci untuk mendapatkan mood yang lebih baik. Dan sumber omega-3 yang terbaik berasal dari ikan, seperti tuna, trout, sarden atau minyak ikan juga termasuk.

Omega-3 dapat mengubah zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati khususnya dopamin dan serotonin. Sementara itu, rendahnya serotonin dikaitkan dengan risiko terkena depresi yang lebih tinggi.

6. Kelapa
Ketika Anda stres, aroma pada kelapa dapat membuat Anda merasa lebih baik dan detak jantung jadi melambat.

Dalam studi yang dilakukan di Universitas Kolombia memnunjukkan orang yang menghirup aroma kelapa dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu yang relatif cepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menghirup aroma yang menyenangkan dapat menurunkan tingkat stres.

Source : 6 Makanan Untuk Meningkatkan Mood

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar