10 Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Bookmark and Share


Rambut rontok merupakan salah satu permasalah serius yang dihadapi oleh banyak orang. Apabila masalah ini tidak segera diatasi, tentu hal ini akan menyebabkan rambut anda menjadi botak. Banyak orang yang membeli produk berbahan kimia untuk mengatasi permasalahan ini.

Namun tahukah anda, penggunaan bahan kimia yang terlalu berlebihan justru akan menyebabkan rambut anda semakin rusak. Oleh karena itu diperlukan suatu cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Cara tepat yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Berikut merupakan cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa anda coba di rumah.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B12



Cara mengatasi rambut rontok yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Vitamin ini mampu membuat rambut anda menjadi lebih sehat karena dapat menjaga sel-sel yang ada pada rambut. Cara kerja vitamin ini adalah dengan membantu tubuh membentuk sel darah merah yang berperan dalam menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging, telur dan masih banyak lagi.

2. Minyak lavender


Minyak lavender dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi masalah rambut rontok karena minyak ini memiliki khasiat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Caranya adalah dengan memijat kulit kepala yang sebelumnya sudah diolesi minyak lavender selama 15 menit. Agar didapatkan hasil maksimal, maka sebaiknya anda melakukan cara ini secara rutin.

3. Teh hijau


Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau yang biasanya dijadikan minuman untuk melangsingkan tubuh, ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kerontokan. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat berperan untuk menghilangkan kerontokan. Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau dan membiarkanya selama semalam agar teh tersebut menjadi basi. Setelah itu basuh rambut anda menggunakan teh tersebut dan diamkan selama beberapa saat. Lalu yang terakhir, bilas rambut anda menggunakan air bersih.

4. Jangan menyisir rambut saat masih basah


Jika rambut basah masih setelah mandi, sebaiknya anda tidak menyisir rambut  karena akan membuat rambut anda menjadi mudah rontok. Selain itu, kebiasaan tidur dengan kondisi rambut yang masih basah, ternyata juga dapat membuat rambut seseorang menjadi mudah rontok.

5. Lidah buaya dan madu


Kedua bahan ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi sehingga dapat dijadikan bahan untuk mengatasi permasalahan rambut rontok. Caranya adalah dengan mengambil gel yang ada pada lidah buaya. Kemudian tambahkan gel tersebut dengan madu. Lalu, oleskan campuran kedua bahan tersebut ke seluruh rambut dan tunggu selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut anda menggunakan air bersih.

6. Putih telur


Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi rambut rontok karena bahan ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain mengatasi rambut rontok, putih telur dapat membuat rambut anda menjadi lebih halus dan lembut. Caranya adalah dengan mengoleskan putih telur yang sebelumnya sudah dipisahkan dari kuning telur ke seluruh rambut anda. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Tomat dan minyak zaitun


Tomat dan minyak zaitun dapat dijadikan bahan untuk mengatasi rambut rontok. Caranya adalah dengan menghancurkan tomat sampai halus, kemudian mencampurnya dengan satu sendok minyak zaitun. Jika anda menginginkan hasil maksimal, anda juga bisa menambahkan daging lidah buaya.

8. Bawang merah


Cara mengatasi rambut rontok lainya adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan belerang yang tinggi sehingga dapat berfungsi untuk melancarakan peredaran darah di area kepala. Selain itu bahan ini, juga memiliki sifat antibakteria sehingga mampu membunuh bakteri serta parasit yang ada di kulit kepala. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan bawang merah menggunakan blender atau dengan cara diparut. Jus bawang tersebut kemudian diusapkan di seluruh bagian rambut. Setelah itu bilas rambut anda menggunakan air bersih.

9. Santan


Santan memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya adalah dengan merebus santan  di dalam panci selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu tunggu sampai santan tersebut menjadi dingin. Kemudian basuhkan santan tersebut ke seluruh rambut secara teratur setiap hari. Setelah itu, jangan lupa untuk membilas rambut anda menggunakan air bersih.

10. Jahe


Cara mengatasi rambut rontok yang terakhir adalah dengan menggunakan jahe. Jahe yang biasanya dijadikan bahan untuk menambah rasa pada makanan, ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Caranya adalah dengan menghaluskan jahe menggunakan parutan. Setelah itu tambahkan minyak wijen ke dalam jahe tersebut. Lalu oleskan minyak wijen ke seluruh kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas rambut anda menggunakan air bersih.

Itulah beberapa tips pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan rambut rontok. Lakukan cara-cara tersebut secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga artikel mengenai cara mengatasi rambut rontok secara alami dapat memberikan solusi bagi anda.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar