Kota Berusia 5000 Tahun Ditemukan

Bookmark and Share

Kota Berusia 5000 Tahun Ditemukan - Peradaban lampau kelihatannya memang menaruh banyak sekali beberapa hal yang cukup mengejutkan dan bisa membuat kagum kita sebagai orang-orang moderen. Satu diantaranya yaitu ditemukannya kota bawah tanah yang berusia 5. 000 tahun oleh sekumpulan tim arkeolog di Turki, tepatnya di Propinsi Nevsehir, wilayah Anatolian Tengah. Wilayah ini pada awal mulanya memanglah telah di ketahui juga sebagai situs bersejarah dengan formasi bebatuan Fairy Chimney.

Penemuan kota bawah tanah itu sendiri sebenarnya bermula dari ketidaksengajaan. Mulanya, develepor yang akan membangun suatu gedung di ruang itu menemukan jaringan lorong bawah tanah saat tengah melakukan penggalian. Momen yang tidak disengaja ini membuat pihak developer urung meneruskan pembangunan gedung di lokasi tersebut .

“Ini kota bawah tanah yang identitasnya belum di ketahui. Lorong sepanjang 7 kilometer kini tengah jadi pembahasan, ” tutur Kepala Administrasi Pembangunan Perumahan Turki, Mehmet Ergun Turan seperti yang ditulis dari dream.co.id.

Walikota Nevsehir, Hasan Unver menerangkan bahwa penemuan situs bersejarah di propinsi tersebut bukanlah yang pertama kalinya. Nevsehir yang nampaknya adalah salah satu pusat kebudayaan masa lampau mempunyai situs-situs kuno yang telah sukses dilacak keberadaannya mulai sejak pertama kali proyek pembangunan transformasi kota dikerjakan.

Diluar itu, kota bawah tanah berusia 5. 000 tahun ini juga bukan kota bawah tanah paling besar yang keberadaannya berhasil di ketahui. Pada awal mulanya, telah ditemukan juga kota bawah tanah seluas 45 hektar dari keseluruhan 75 hektar proyek transformasi kota yang dimulainya sudah dari tahun 2012 silam ini. Penemuan pertama sendiri diketemukan pada tahun 2013.

“Kami telah mengambil 44 benda bersejarah dalam rencana pelestarian. Kota bawah tanah ditemukan ketika kami mengawali penghancuran sesuai dengan protokol, ” ungkap Hasan lagi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar